WELCOME TO KENDY'S WALL 2013
 
Apa arti Sensasi ? 
Sebagai seorang manusia, kita pasti selalu dikelilingi oleh berbagai sensasi. Dengan melalui alat indra, manusia memperoleh pengetahuan dan semua kemampuan untuk berinteraksi dengan dunia ini. Pengertian sensasi adalah proses menangkap stimuli melalui alat indra yang menghubungkan organisme dengan lingkungannya. Semua alat indra sangat penting bagi manusia, namun alat indra yang terpenting adalah penglihatan kemudian baru pendengaran serta peraba juga penting. Proses sensasi terjadi saat alat indra mengubah  informasi menjadi impuls-impuls syaraf yang dimengerti oleh otak melalui proses tranduksi. 
Apa arti Persepsi?
Persepsi yaitu alat indera menangkap stimuli, lalu stimuli tersebut diubah menjadi sinyal yang dapat dimengerti oleh otak untuk kemudian diolah. Disinilah terjadi apa yang disebut dengan proses persepsi, yaitu cara kita menginterpretasi atau mengerti pesan yang telah diproses oleh sistem indrawi kita.

Contohnya: Ketika mencium wangi bunga melati, anda mengalami sensasi. Anda menyadari wewangian tersebut sama dengan parfum jasmine yang dipakai sahabat anda. Kesadaran atau interpretasi anda atas wewangian bunga itulah yang disebut dengan persepsi.
" Jadi persepsi adalah proses memberi makna pada sensasi. Dengan melakukan persepsi manusia memperoleh pengetahuan baru. Persepsi mengubah sensasi menjadi informasi. Jika sensasi adalah proses kerja indra kita, maka persepsi adalah cara kita memproses  data indrawi tadi menjadi informasi agar dapat kita artikan.."

Setiap hal yang kita lakukan pasti memiliki sensasi dan persepsi sendiri. Berikut pengalaman saya :

Menjadi diri sendiri adalah pilihan hidup saya. Walaupun banyak orang yang ingin menjadi orang lain yang bukan dirinya. Dengan penampilan yang sederhana, pakaian, kacamata, jam tangan, dan sepatu yang biasa aku menjadi diriku sendiri. Celaan hingga pujian sering terdengar telinga ini. Namun saya hanya tersenyum. Pandangan setiap orang terhadap saya berbeda-beda. Itu persepsi mereka. Setiap orang bebas berpendapat dan saya tidak bisa menuntut pendapat mereka. 

Salah satu contoh pengalamannya yaitu ketika di awal perkuliahan, saya dengan penampilan pas-pas-an ini sedang berada di kampus tercinta dengan kacamata kesayanganku dan dengan sebuah laptop, duduk di lantai dan sedang facebook-an. Banyak teman-teman yang berpandangan saya sedang belajar atau saya sedang mengerjakan tugas. Mereka teman-teman se-angkatan terbaikku di Universitas Sumatera Utara (USU).  Mereka selalu menganggap kami adalah orang pintar dan rajin. Padahal saya adalah orang yang biasa-biasa saja. Mungkin persepsi mereka terhadap saya terlalu berlebihan. 
Ada juga yang berpersepsi hidup saya sangat bahagia. Karena saya sering tersenyum dan tertawa. Tapi ingat.. kita diciptakan oleh Tuhan berbeda-beda. Setiap orang memiliki masalah masing-masing. Dibalik keceriaan yang saya tunjukkan, ada permasalahan yang saya hadapi. Ntah kenapa.. dengan bercanda dan tertawa bersama teman-teman, membuat semua masalah itu terasa hilang. Inilah keajaiban tertawa ..  :)  :D
Contoh lain adalah ketika saya belajar keras untuk dapat berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Saya hampir setiap hari belajar dan mengerjakan soal-soal latihan hingga akhirnya saya dapat lulus di USU. Walaupun bukan pilihan utama, namun jurusan Teknologi Informasi merupakan salah satu jurusan terfavorit di USU. Banyak pandangan yang diberikan orang lain terhadap saya. Ada yang berpandangan bahwa saya hanya beruntung bisa berkuliah disini. Ada juga yang berpandangan karena kerajinan saya. Banyak sekali persepsi yang diberikan teman-teman terhadap saya, termasuk dilingkungan keluarga saya sendiri. Mereka tidak menyangka bahwa saya bisa berusaha sendiri untuk meraih cita-cita ku untuk berkuliah di PTN. Mereka hanya mengerti bahwa saya pintar dalam dunia musik. Yah..memang, musik adalah salah satu hidup saya. Jadi saya terus menerima pendapat mereka yang terus memotifasi saya untuk menjadi diri saya sendiri. 


Setiap orang pasti memiliki banyak pengalaman. Baik atau buruk itu dapat bermanfaat dalam hidup kita kedepannya. Inilah pengalaman saya. Kiranya posting-an ini dapat menjadi berkat bagi setiap kita .. Amin O:)

Kendy Wisantama - Maret 2013



Leave a Reply.