WELCOME TO KENDY'S WALL 2013
 
Hidup Tanpa Internet? Apa Bisa? (Halaman Survey disini)
Ini adalah judul dari survey yang saya buat untuk mengetahui seberapa pentingkah internet dalam hidup kita. Apakah internet itu berdampak dalam kehidupan kita? Apa saja yang membuat kita terhubung dengan internet? Dan mengapa harus Internet?
Semua terjawab lewat postingan saya kali ini beserta Testimoni saya dalam pengerjaan survey ini. 
(Di posting pada tanggal 29 Maret 2013 pukul 02.00. Survei ini dalam lingkungan mahasiswa dengan 49 responden  pada tanggal 27 - 28 Maret 2013)

Menurut survey yang saya buat, ternyata lebih dari 40% mahasiswa menyatakan Smartphone adalah teknologi yang paling canggih dan berkembang saat ini. Hampir setiap orang memiliki Gadget / Teknologi modern yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Gadget sangat membantu manusia dalam berkomunikasi dan dalam hiburan. Walaupun Smartphone sangat canggih, 55% mahasiswa lebih sering menghabiskan waktu dengan Laptop dibandingkan Smartphone mereka. Mungkin karena mahasiswa selalu mengerjakan tugas dengan Laptop dan lebih efisien dibandingkan dengan yang lain. 39% mahasiswa menyatakan mereka online antara 1 - 3 jam (19 mahasiswa) dan 4 - 6 jam (19 mahasiswa) juga dalam sehari. Walaupun mereka suka online, 41% mahasiswa menyatakan internet di Indonesia sangat lambat. Memang benar kecepatan Internet di Indonesia sangat lambat, silahkan baca Kompas Tekno ini. Lebih dari 40% mahasiswa menggunakan Modem sebagai alat untuk berkoneksi di internet. Selain efisien, modem sangat diminati karena murah dan bisa dibawa kemana saja. Sehingga setiap orang dapat berkoneksi dengan internet dimana saja.
Picture
Klik Gambar untuk memperbesar.

Apa yang dilakukan mahasiswa dalam internet? 43% mahasiswa lebih sering menghabiskan waktu luang mereka untuk Media sosial / Jejaring sosial. Malahan hanya 25%  mahasiswa lainnya yang menggunakan internet untuk belajar dan bekerja. Ini membuktikan bahwa media sosial sangat berpengaruh dalam lingkungan mahasiswa. Dalam website wikipedia, media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual yang merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Seperti yang ketahui, internet sangat berdampak dalam kehidupan kita. Banyak dampak positif  dan negatif yang di tulis responden. 

Inilah kesimpulan dari seluruh responden tentang dampak positif internet :
1. Informasi yang di dapatkan akan lebih luas dengan membaca beberapa referensi yang dapat disaring untuk mencapai sebuah titik temu kesimpulan untuk menambah pengetahuan.
2. Memperluas jaringan pertemanan melalui forum, media sosial dan lain sebagainya.
3. Memudahkan dalam berkomunikasi.
4. Berita / informasi yang terbaru dapat diketahui dengan cepat. 

Dampak negatif-nya adalah :
1. Penggunaan internet yang kurang bijak dapat berdampak semakin rusaknya kepribadian bahkan moral. Contohnya membuka situs porno.
2. Karena kemudahan akan informasi, Plagiat (copy paste) dari sumber di internet. Hal ini akan mengakibatkan seorang mahasiswa cenderung semakin menjadi pemalas.
3. Internet juga dapat mengakibatkan mahasiswa akan cenderung lupa akan kewajiban (lupa waktu).

Picture
Hasil survey pengaruh dampak negatif dalam kehidupan mahasiswa.
Dan ternyata 82% responden menyatakan dampak negatif internet sangat berpengaruh terhadap kehidupan mereka. Ini membuktikan bahwa hal yang negatif dalam internet, sangat berdampak dalam kehidupan kita. 

Testimoni/Pendapat saya dalam menganalisis hasil survey ini.

Sebelumnya, saya tidak pernah membuat survey. Survey ini adalah survey yang pertama kali saya buat untuk mengetahui pengalaman dan kebiasaan mahasiswa dengan Teknologi yang digunakan. Survey yang dibuat secara online sangat memudahkan responden (mahasiswa) yang sedang online untuk mengisi serta mengurangi penggunaan kertas dan menghemat waktu.

Menurut saya, survey ini sangat membantu kita untuk mengetahui kondisi tertentu dari suatu lapisan masyarakat. Seperti survey yang saya lakukan tentang Internet dalam lingkungan mahasiswa. Dalam survey ini, kita dapat mengetahui apa yang menjadi kebiasaan mahasiswa dalam penggunaan Teknologi dan Internet.

Walaupun internet banyak manfaatnya, namun dampak buruk yang ditimbulkan juga sangatlah banyak. Sehingga kita harus dapat menggunakan internet dengan sangat bijak agar tidak terjerumus terlalu dalam. 

Survey ini dibuat agar setiap orang dapat melihat, apakah internet dan teknologi dalam lingkungan mahasiswa yang sebenarnya terjadi saat ini berpengaruh dalam kehidupannya. Sehingga dapat diketahui apa yang harus dilakukan kedepannya.

Kendy Wisantama - Maret 2013



Leave a Reply.